Jupyter Notebook di VS Code

Kalau biasanya menggunakan jupyter notebook selalu via web base untuk mengerjakan projek python, tahu nggak sih kalau sekarang udah bisa via VS (Visual Studio) Code? Jadi nggak perlu repot-repot lagi jalanin server terus buka browser klak klik baru bisa mulai pakai ipynb.

Sekarang VS Code sudah mendukung native edit untuk berkas ipynb per informasi rilis 8 Oktober 2019. Hanya dengan melakukan instalasi ekstensi python di VS Code, kita sudah bisa menggunakan fitur ini.

Setup

Lakukan instalasi untuk ekstensi python dengan menggunakan marketplace yang tersedia:

Instalasi Microsoft Python

Setelah itu, pilih interpreter yang akan digunakan untuk projek python. Klik di pojok kiri bawah:

Versi Python

Nantinya akan popup dialog untuk memilih versi python yang akan digunakan. Diperlukan versi python 3.7.x agar bisa menggunakan fitur ini.

Dialog Memilih Versi Python

Membuat Projek

Bila belum ada jupyter notebook projek atau file, kita bisa membuatnya dengan cara CTRL + SHIFT + P untuk menampilkan command pallete dan ketikkan create new maka nanti akan muncul untuk jupyter notebook projek.

Command Pallete VS Code

Kira-kira tampilannya akan seperti ini

Jupyter dalam VS Code

Kita bisa lihat, di menu bar terdapat fungsi-fungsi yang bisa digunakan seperti halnya melalui jupyter web. Contoh sederhana plotting dengan matplotlib:

Contoh Matplotlib dengan VS Code

Bagi saya, dengan adanya fitur ini lebih memudahkan dalam mengolah projek jupyter notebook tanpa harus repot-repot menjalankan server dan membuka web browser. Kalau menurut kamu gimana?

Referensi:

  • https://code.visualstudio.com/docs/python/jupyter-support
  • https://devblogs.microsoft.com/python/announcing-support-for-native-editing-of-jupyter-notebooks-in-vs-code/

Aan Wahyu

Hanya seorang penyuka Wayang( Terutama Wayang Golek) dan penggiat Open Source serta penikmat dan pembuat puisi. Saat ini memakai distro Arch Linux sebagai OS yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Founder dari Sinau Development. Tertarik dengan Research Development dan Non-Profit Organization yang bersifat Open Source dan juga sebagai kontributor di RumahVOIP serta Indonesian Research and Development Center( RNDC ) dan aktif juga diforum Open Source lainnya.
Aan Wahyu
Baca Juga:  Solusi Masalah VMWare Workstation Pro 12.1 di Kernel 4.7