Jupyter Notebook di VS Code

Kalau biasanya menggunakan jupyter notebook selalu via web base untuk mengerjakan projek python, tahu nggak sih kalau sekarang udah bisa via VS (Visual Studio) Code? Jadi nggak perlu repot-repot lagi jalanin server terus buka browser klak klik baru bisa mulai pakai ipynb.

Sekarang VS Code sudah mendukung native edit untuk berkas ipynb per [informasi][1] rilis 8 Oktober 2019. Hanya dengan melakukan instalasi ekstensi python di VS Code, kita sudah bisa menggunakan fitur ini.

Setup

Lakukan instalasi untuk ekstensi python dengan menggunakan marketplace yang tersedia:

Instalasi Microsoft Python
Instalasi Microsoft Python

Setelah itu, pilih interpreter yang akan digunakan untuk projek python. Klik di pojok kiri bawah:

Versi Python
Versi Python

Nantinya akan popup dialog untuk memilih versi python yang akan digunakan. Diperlukan versi python 3.7.x agar bisa menggunakan fitur ini.

Dialog Memilih Versi Python
Dialog Memilih Versi Python

Membuat Projek

Bila belum ada jupyter notebook projek atau file, kita bisa membuatnya dengan cara CTRL + SHIFT + P untuk menampilkan command pallete dan ketikkan create new maka nanti akan muncul untuk jupyter notebook projek.

Command Pallete VS Code
Command Pallete VS Code

Kira-kira tampilannya akan seperti ini

Jupyter dalam VS Code
Jupyter dalam VS Code

Kita bisa lihat, di menu bar terdapat fungsi-fungsi yang bisa digunakan seperti halnya melalui jupyter web. Contoh sederhana plotting dengan matplotlib:

Contoh Matplotlib dengan VS Code
Contoh Matplotlib dengan VS Code

Bagi saya, dengan adanya fitur ini lebih memudahkan dalam mengolah projek jupyter notebook tanpa harus repot-repot menjalankan server dan membuka web browser. Kalau menurut kamu gimana?

Referensi:

Share this awesome article to the world, so everyone knows it :)

LinkedIn
Reddit
WhatsApp
Hacker News
Telegram