Tentang

Apa arti dari Petruknisme?

Petruknisme terdiri dari 3 kata, yaitu (petruk)-(n)-(isme) yang dimana Petruk diambil dari nama tokoh punakawan dalam pewayangan jawa dan isme adalah sebuah faham/ajaran. Dalam pewayangan sunda(baca: Wayang Golek) Petruk terkenal dengan nama Dawala, yaitu anak kedua dari tiga bersaudara dari Semar Badranaya dan Sutiragen. Dawala selalu berpikir panjang yang dalam artian tidak gegabah dalam bertindak. Dawala digambarkan memiliki wajah yang selalu tersenyum, rendah hati, pendiam dan pintar berbicara. Dalam lakon “Dawala Gugat” seakan berbicara bahwa jangan pernah meremehkan diamnya seseorang yang sabar karna suatu saat nanti akan sampai pada batas kesabarannya dan itu yang akan membuatmu diam. Ada kesamaan antara Saya dengan Petruk(baca:dawala) dalam sifat ataupun sikap yang dimana menginspirasi untuk terbentuknya kata Petruknisme.

Tentang Petruknisme.com

Petruknisme.com adalah blog pribadi dari seseorang yang mengaku sebagai Petruknisme dan ingin mendedikasikan waktunya untuk menulis(lagi) kedalam wadah baru yang sebelumnya masih berceceran dalam catatan pribadi semata. Blog ini akan berisi tentang tutorial seputar GNU/Linux, FreeBSD, Programming, Server, Coding atau solusi dari masalah yang sedang dialami dan sudah terpecahkan. Sebagai wadah dokumentasi dikala suatu saat nanti lupa dan perlu untuk membaca lagi dan juga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ikatlah ilmu dengan tulisan” (Silsilah Ahadits Ash Shahihah no. 2026).

 

Siapa dalang dibalik blog ini?

Aan Wahyu — Hanya seorang penyuka Wayang( Terutama Wayang Golek) dan penggiat Open Source serta penikmat dan pembuat puisi. Bekerja sebagai Software Developer & Game Developer di Indogamers. Saat ini memakai distro Arch Linux sebagai OS yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Tertarik dengan Research Development dan Non-Profit Organization yang bersifat Open Source dan juga sebagai kontributor di RumahVOIP serta Indonesian Research and Development Center( RNDC ) dan aktif juga diforum Open Source lainnya.

Jangan sungkan untuk menghubungi saya via email :

[email protected]
[email protected]