IPTraf-NG Sebagai Real Time Console Based Network Monitoring

IPTraf-NG Main Screen

Beberapa hari yang lalu saya sedang melakukan analisa koneksi yang ada pada laptop saya. Itu dikarenakan game client yang berjalan pada wine tidak berjalan dengan semestinya. Maksudnya, game client tidak dapat melakukan koneksi pada game server yang berada pada publik IP address. Sedangkan, game client bisa log-in kedalam permainan pada lokal IP address yang server nya berada dalam 1 jaringan LAN. Itu membuat saya penasaran tentang apa yang dilakukan oleh wine sehingga dia tidak dapat melakukan koneksi terhadap server. Berujung dengan hasil bahwa wine tidak mendukung pada kasus ini dengan hasil debug ras support is not implemented. Dari situ saya juga melakukan analisa bagian jaringan dengan menggunakan iptraf-ng karna terpikir bahwa port terblokir atau mungkin ada port yang belum saya allow yang saya tidak tahu. Untuk secara realtime saya lebih memilih iptraf-ng dibandingkan dengan ntop dan yang lainnya untuk memantau jaringan.

Apa itu IPTraf-ng?

IPTraf-ng adalah utilitas untuk melakukan pemantauan jaringan berbasis Command Line Interface

Fitur apa yang disediakan?

  • Pemantau lalu-lintas IP pada jaringan yang menampilkan informasi TCP flag, packet dan jumlah byte, detail ICMP, OSPF packet
  • Antarmuka General dan detail statistik menampilkan IP, TCP, UDP, ICMP, non-IP, IP checksum error, interface activity, jumlah besaran packet.
  • Pemantau servis TCP dan UDP yang akan menampilkan jumlah dari packet masuk dan keluar untuk TCP umum dan UDP port pada aplikasi
  • Modul statistik LAN yang akan menemukan host aktif dan menampilkan statistik aktifitas data dari jaringan
  • Penyaringan tampilan TCP, UDP dan prokol lain
  • Mendukung untuk Logging( pencatatan aktifitas )
  • Mendukung untuk interface Ethernet, FDDI, ISDN, SLIP, PPP, dan tipe loopback

Instalasi

Ubuntu dan turunannya:

Arch Linux:

Fedora dan turunannya:

Karna saya menggunakan Arch Linux, jadi untuk menjalankan aplikasi iptraf-ng cukup dengan perintah iptraf-ng . Maka akan tampil sebuah layar iptraf-ng seperti pada gambar dibawah ini:

IPTraf-NG Main Screen
Layar Utama IPTraf-NG
Menu pemilihan IP Static Monitor
Menu pemilihan IP Traffic Monitor
Layar IP Traffic Monitor IPTraf-NG
Layar IP Traffic Monitor
Layar LAN Station Monitor
Layar LAN Station Monitor IPTraf-NG

Untuk fitur selebihnya bisa dicoba sendiri yak. Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Aan Wahyu

Aan Wahyu

Hanya seorang penyuka Wayang( Terutama Wayang Golek) dan penggiat Open Source serta penikmat dan pembuat puisi. Saat ini memakai distro Arch Linux sebagai OS yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Founder dari Sinau Development. Tertarik dengan Research Development dan Non-Profit Organization yang bersifat Open Source dan juga sebagai kontributor di RumahVOIP serta Indonesian Research and Development Center( RNDC ) dan aktif juga diforum Open Source lainnya.
Aan Wahyu
  • Ali

    Bahasa sudah baik dapat dimengerti hanya saja, beberapa tulisan kata asing tidak dicetak miring seperti kata client, support, address dan realtime.

    Kalimat ini:
    .. ras support is not implemented. Tapi, dari situ saya juga melakukan…

    Akan lebih baik tidak menggunakan kata “tapi”, langsung saja, “dari situ saya …”.

    Terus menulis, salam.