Solusi Masalah VMWare Workstation Pro 12.1 di Kernel 4.7

Beberapa hari yang lalu saya melakukan pembaruan terhadap sistem operasi saya. Saya menggunakan Arch Linux sebagai sistem operasi yang digunakan sehari-hari untuk kebutuhan development dan kebutuhan lainnya. Kebetulan pada pembaruan tersebut melakukan pembaruan terhadap Linux Kernel menjadi versi 4.7. Yang dimana memang sudah pada tahap stabil untuk dilakukan perilisan terhadap Linux Kernel tersebut pada Arch Linux.

Hal yang sangat wajar bila terjadi adanya masalah ketika melakukan pembaruan terhadap kernel yang mungkin dikarenakan perbedaan terhadap perangkat yang kita gunakan baik itu perangkat lunak ataupun perangkat keras yang belum kompatibel. Nah, pada kali ini saya mengalami hal tersebut( sebenarnya sudah sering *duh*). Selama saya menggunakan Arch Linux memang sering mengalami masalah dengan VMWare ataupun VirtualBox yang berkaitan dengan linux-headers ataupun yang lainnya.

Setelah saya melakukan pembaruan terhadap kernel dan kemudian restart laptop untuk melakukan pengaplikasian terhadap sistem. Kemudian saya menjalankan aplikasi VMWare Workstation untuk menghidupkan Windows 10 agar bisa melakukan development dan uji coba terhadap aplikasi yang saya buat pada sistem operasi Windows. Eh, malah muncul gambar yang kurang lebih seperti berikut :

VMWare Kernel Module Updater
VMWare Kernel Module Updater

Setelah saya klik Install untuk melakukan kompilasi terhadap modules yang belum terpasang dan mungkin belum terkompilasi. Saat proses kompilasi berlangsung, muncul sebuah popup menyatakan bahwa ada masalah yang terjadi saat proses kompilasi dengan menyertakan alamat berkas yang bisa kita lihat. Seperti ini penggalan berkas log yang menyebutkan kesalahan pada kompilasi tersebut:

Pada berkas tersebut menyebutkan bahwa adanya kesalahan yang terjadi saat proses kompilasi modul vmnet-only. Kesalahan terjadi pada blok berikut:

Saya coba mencari informasi tersebut dan mendapatkan nya pada forum Arch Linux. Ah ternyata ada juga yang mengalami hal yang sama(sehati :p). Pada thread tersebut pengguna yang memakai nickname glavin memberikan solusi sebagai berikut:

Saya mencobanya, dan hasilnya? Sama saja. Masih tetap bermasalah. Saya pikir dia typo saat menuliskan nya dan kemudian melakukan revisi terhadap solusi tersebut. Tapi, saya lebih menyarankan menggunakan solusi berikut:

Booom. VMWare berjalan dengan normal kembali dan sayapun bisa melanjutkan development aplikasi yang saya buat sebelumnya  (deadline soalnya :p) . Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi:

  • https://bbs.archlinux.org/viewtopic.php?pid=1646949
  • http://rglinuxtech.com/?p=1748
  • https://wiki.archlinux.org/index.php/VMware
Aan Wahyu

Aan Wahyu

Hanya seorang penyuka Wayang( Terutama Wayang Golek) dan penggiat Open Source serta penikmat dan pembuat puisi. Saat ini memakai distro Arch Linux sebagai OS yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Founder dari Sinau Development. Tertarik dengan Research Development dan Non-Profit Organization yang bersifat Open Source dan juga sebagai kontributor di RumahVOIP serta Indonesian Research and Development Center( RNDC ) dan aktif juga diforum Open Source lainnya.
Aan Wahyu