System Undeletable Flag di FreeBSD

Operation Not Permitted chflags

Terkadang kita tidak sengaja atau mungkin sengaja dan ga sadar kalau ada data penting tapi malah ke hapus aka rm -rf. Nah di FreeBSD ini ada namanya System Undeletable Flag yang dimana kita bisa menandai file mana saja yang kita anggap penting dan nantinya tetap aman walau sekalipun kita hapus satu folder. Bahkan root sekalipun tidak bisa melakukan penghapusan terhadap berkas tersebut sebelum flag dicabut.

Jadi bisa menjadi solusi bagi kita yang mungkin terkadang ceroboh. FreeBSD sendiri menyediakan perintah chflags(1) untuk melakukan penandaan terhadap berkas. Yang dimana flag itu berguna untuk menambahkan tingkat keamanan dan kendali atas berkas, tetapi hal ini tidak berlaku untuk direktori.

Untuk mengaktifkan system undeletable flag pada berkas yang akan ditandai misal pada kasus kali ini adalah berkas PleaseDeleteMe.txt . Maka, lakukan perintah berikut dengan root akses :

Sekarang coba kita hapus berkas PleaseDeleteMe.txt oleh user root dengan perintah

Maka akan muncul pesan peringatan seperti Gambar 1.0

Operation Not Permitted chflags
Gambar 1.0 Operation Not Permitted chflags

Peringatan tersebut memberitahukan bahwa berkas yang sudah ditandai sukses dan bahkan tidak dapat dihapus oleh user dengan hak akses root sekalipun. Bila kita melakukan perintah

Maka akan tampil flag sebagai berikut:

View Flag File chflags
View Flag File chflags

Untuk menonaktifkan flag tersebut hanya dengan melakukan perintah berikut:

Maka berkas tersebut sudah dapat dihapus kembali. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat.

 

Referensi:

  • FreeBSD Handbook
  • http://www.freebsd.org/cgi/man.cgi?query=chflags&sektion=1
Aan Wahyu

Aan Wahyu

Hanya seorang penyuka Wayang( Terutama Wayang Golek) dan penggiat Open Source serta penikmat dan pembuat puisi. Saat ini memakai distro Arch Linux sebagai OS yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Founder dari Sinau Development. Tertarik dengan Research Development dan Non-Profit Organization yang bersifat Open Source dan juga sebagai kontributor di RumahVOIP serta Indonesian Research and Development Center( RNDC ) dan aktif juga diforum Open Source lainnya.
Aan Wahyu